Baru-baru ini CPS Soft sebagai pengembang software Akuntansi ACCURATE telah merilis versi terbaru dari Accurate, yaitu Accurate Versi 4.0 Mengetahui ada versi baru, saya tertarik untuk mencobanya.

Apa yang berbeda dari Accurate versi sebelumnya? Berikut hasil uji eksplorasi software Accurate 4.0 :

Tampilan

Pertama kali membuka software ini, prosedur pengisian user dan password sudah terasa aroma perubahan. Ketika desktop utama tampil, layer pertama yang muncul adalah reminder/pengingat tentang hutang dan piutang yg jatuh tempo. Yang ini masih sama dengan versi sebelumnya, tetapi anda akan menemukan perbedaan yang mencolok pada tampilan versi 4.0 ini dari versi sebelumnya… yah, tampilannya sangat cantik, dengan ikon-ikon baru yang lebih hidup, tombol-tombol yang menawan, dan kombinasi warna yang sangat memukau sehingga nyaman untuk mata.

Di sisi kiri desktop, masih sama dengan versi sebelumya yaitu berisi menu modul aktivitas utama kegiatan akuntansi seperti Buku Besar, Kas/Bank, Pembelian, Penjualan, Persediaan, dan 3 menu baru. (Sabar… ulasan menu barunya ada di bawah tulisan ini..). selain menu aktifitas, ada desktop baru yang berisi link ke menu bantuan, website pengembangnya, dan forum diskusi.

Hanya itu? Ternyata tidak. Ketika saya mencoba klik beberapa menu, jendela yang tampil tidak menutupi keseluruhan program accurate seperti sebelumnya. Di sisi atas desktop, akan muncul tab jendela baru, persis seperti browser Mozila firefox. Artinya, ketika kita membuka modul baru, modul utama tetap kelihatan dan bisa diakses penuh tanpa harus menutup jendela modul yang sedang aktif. Rupanya pihak pengembang menyadari ketidaknyamanan tampilan jendela modul pada versi sebelumnya.

Fitur Baru

Di atas telah saya singgung tentang tambahan 3 menu modul baru dalam versi 4.0 ini. Inilah fitur baru tersebut :

1.Modul Penjualan
Sub Modul Sales Quotation (Penawaran Penjualan). Dalam modul ini, anda dapat membuat penawaran penjualan kepada customer anda.
Sub Modul Rertur Penjualan. Modul ini untuk menginput data, cetak form, untuk Pengembalian atas Penjualan (Retur Penjualan)

2.Modul Pembelian
Sub Modul (Purchase Requition) Permintaan Pembelian yang berfungsi untuk mencatat permintaan pembelian dari unit gudang, divisi lain, atau departemen lain dalam perusahaan. Modul ini sangat bermanfaat untuk memantau kebutuhan perusahaan.
Sub Modul Retur Pembelian untuk mencatat dan membuat nota pengembalian atas pembelian barang yg telah dilakukan.

3.Modul Aset Tetap
Modul Aset tetap, sepertinya CPS Soft telah mengikuti perkembangan akuntansi terkini. Ini terbukti dengan pemakaian istilah Aset Tetap, bukan Aktiva Tetap. Modul ini berfungsi untuk mencatat, menghitung, atau menyesuaikan data Aset Tetap. Fitur ini yang menurut saya sangat bercitarasa Indonesia. Bagaimana tidak, coba lihat sub modulnya :

  • Aktiva Tetap Baru
  • Tipe Aktiva Tetap
  • Tipe Aktiva Tetap Pajak
  • Daftar Aktiva Tetap
Ya, di situ ada sub modul Aktiva tetap pajak. Artinya, modul ini mengakomodasi kebutuhan user pada saat penghitungan penyesuaian fiscal untk SPT Tahunan. Coba saja Menu Laporan – SPT Tahunan. Lalu klik tombol Auto Create…. Di jamin, Accountingnya gak bakalan pusing mikirin buat laporan SPT. (Kecuali perusahaan anda membuat “Laporan Ganda” maka fitur ini akan sia-sia. )

4.Modul RMA

Modul RMA ? pertama kali melihat, saya penasaran dengan modul ini. Saya buka modul ini, sekilas mirip faktur penjualan/pembelian. Saya coba isi sesuatu sesuai form yang ada, ternyata error. Akhirnya saya cari di fasilitas help, tidak ada juga (rupanya memerlukan koneksi internet). Saya hanya mendapatkan informasi kepanjangan dari RMA, yaitu Return Merchandise Authorization.
Setelah baca kepanjangan RMA, saya bisa mengerti maksud dari fitur ini, yaitu form otorisasi Retur.

  • Sub Modul RMA ; Di form ini harus dijelaskan sebab-sebab retur (sub Modul RMA).
  • Sub modul RMA Action (Cara penanganan retur /dikembalikan, diperbaiki, atau dibatalkan).
  • Sub Modul Faktur penjualan ; Cetak Nota Retur dan laporan Retur, semacam klarifikasi dan konfirmasi atas barang yg di retur dan jumlah biaya yang dibebankan kepada customer (bila ada).
Kesimpulannya ; adalah, fitur Modul RMA adalah tambahan sederhana yang sangat bermanfaat bagi user.

5.Modul Project

Dalam versi 3.30 fitur ini telah ditambahkan, namun hanya sekedar ada. Nah, dalam Accurate 4.0 fitur ini mendapat perhatian khusus. Coba lihat sub modul yang ada, yaitu :

Project Cost
Modul ini berfungsi untuk menginput item biaya (selain Bahan Material) yang diperlukan untuk sebuah proyek

Material
Modul ini berfungsi untuk menginput item material yang diperlukan

Work Price Analysis
Modul ini berfungsi untuk menghitung perbandingan biaya sebuah proyek.

Project
Modul ini untuk menginput data RAB (Rencana Anggaran dan Biaya) suatu proyek. Mulai Pekerjaan utama, sub pekerjaan, hingga detail biaya yang diperlukan bisa di input dalam modul ini.

Material in Used
Modul ini untuk melihat sebagai bahan analisa nilai biaya yang telah dikeluarkan (Work in Progress/Proyek dalam Pengerjaan).

Project Survey
Modul ini untuk analisa Opname fisik Sebuah proyek dibandingkan dengan Nilai biaya yang telah dikeluarkan.

Project Bill
Modul ini untuk membuat tagihan proyek yang dinyatakan dalam termin.

Project Ending
Modul ini untuk membuat berita acara penyelesaian proyek, hasil analisa, dan tagihan terakhir untuk sebuah proyek.

CPS Soft benar-benar memfokuskan softwarenya pada system akuntansi proyek. Dalam versi ini, semua data proyek bisa di integrasikan dengan Microsoft Project. WOW…. No comment deh!

6.Modul Daftar

Modul daftar ini untuk menginput data pemasok, pelanggan, salesman, proyek, dan departemen.

Selain modul-modul baru itu, Accurate 4.0 di klaim bisa di konsolidasi dengan kantor cabang atau perusahaan anak. Cukup dengan sekali klik, maka laporan konsolidasi akan jadi secara otomatis, plus SPT Tahunan dan SPT Masa. Benarkah? Saya belum mencoba fitur ini, maklum… perusahaan saja masih belum punya, apalagi cabang?

Jika anda ingin memanfaatkan fitur konsolidasi, maka sebaiknya database utama di backup terlebih dahulu, sebab setelah di konsolidasi, data kantor cabang / perusahaan anak akan tergabung dalam database utama (perusahaan induk).


Jika anda tertarik juga seperti saya, silahkan download di sini ……… Silahkan coba dan buktikan kemampuan fitur Accurate 4.0 .

Dari sisi harga, CPS Soft mematok harga Rp. 12.500.000,- untuk single user. Jika anda berminat untuk membelinya dengan harga tersebut, silahkan hubungi website CPS Soft yang link nya disediakan di software.

Bagi anda yang tidak punya budget sebanyak itu….He..he… ( ..ngerti kan maksud, saya..)

0 comments

Related Articles